Senin, 25 April 2011

4 Cara Membunuh Kejenuhan

4 Cara Membunuh Kejenuhan

Saat bekerja seringkali kita dihinggapi rasa jenuh, meskipun anda sangat mencintai pekerjaan anda saat ini. Nah, bagaimana cara agar kita dapat mengatasi kejenuhan dalam menjalankan pekerjaan kita?

Entah karena masalah pekerjaan yang tak kunjung selesai, atasan galak, rekan kerja menyebalkan, atau karena bosan dengan rutinitas yang itu-itu saja.

Rasa jenuh kadang membuat orang terpikir mencari pekerjaan baru. Tapi, apa iya di tampat baru nanti Anda dipastikan bebas rasa jenuh? Bagaimana kalau pindah bekerja bukan keputusan yang tepat? Bisa-bisa Anda menyesal meninggalkan pekerjaan sekarang hanya karena alasan jenuh sesaat.

Sebelum memutuskan pindah kerja dengan alasan jenuh dengan pekerjaan sekarang, coba pastikan, apakah rasa jenuh itu bisa diatasi tanpa harus pindah kerja? Bagaimana caranya, lakukan beberapa hal yang kami yakini bisa mengusir jenuh Anda di kantor.

1. Manjakan diri

Rutinitas kerja yang itu-itu saja pasti bikin Anda bosan. Kalau rasa jenuh sudah sampai di ubun-ubun, coba lakukan aktivitas favorit yang membuat Anda relaks dan bahagia.

Memanjakan diri di salon kecantikan, belanja, bertemu teman-teman lama, atau memenuhi hasrat terpendam untuk makan makanan tertentu bisa jadi obat penghilang suntuk. Memang butuh biaya tambahan.

Tapi kalau hasilnya Anda terbebas dari rasa jenuh, sekadar makan atau ke salon saja sih bukan pemborosan namanya. Yang penting tak berlebihan.

2. Ubah penampilan

Rasa jenuh bisa jadi muncul bukan dari faktor luar, tapi dari dalam diri. Mungkin sudah berbulan-bulan Anda tak mengubah model rambut atau membeli pakaian model terbaru. Coba ganti model rambut dan penampilan Anda.

Beli beberapa potong busana atau sepatu baru. Barang-barang baru biasanya punya kekuatan ajaib yang membuat mood seseorang lebih baik, terutama wanita.

Coba saja, memakai sepatu atau baju baru pasti bikin Anda lebih bersemangat ke kantor, karena ingin segera mengetahui bagaimana reaksi teman-teman dekat terhadap barang baru Anda.

3. “Revolusi” meja kerja

Sehari delapan jam Anda habiskan di meja kerja. Wajar, kalau akhirnya Anda jenuh dengan lokasi yang sama. Cobalah mengubah tampilan bahkan letak meja kerja secara berkala.

Kalau kertas-kertas tak terpakai mulai menumpuk, berarti saatnya melakukan “revolusi” meja kerja. Buang benda tak terpakai; kalau memungkinkan, pindahkan arah meja dan layar komputer Anda.

Ganti pernak-pernik meja kerja, termasuk foto-foto keluarga atau foto narsis di meja Anda. Kalau perlu, tambahkan satu kotak berisi camilan kesukaan Anda di meja kerja. Meja baru dengan tampilan sesuai selera pasti membuat Anda tak bisa meninggalkannya berlama-lama, hehehe.

4. Temukan “partner in crime”

Meski harus serius saat bekerja, di kantor bukan berarti kita tak boleh bercanda, tertawa, dan cekikikan dengan teman kerja. Eksploitasi selera humor Anda untuk menghidupkan suasana kantor.

Agar Anda tak jayus sendirian, temukan ‘partner in crime’ yang cocok untuk diajak gila-gilaan di kantor. Masa iya, dari sekian banyak orang di kantor, tak satu pun yang selera humornya cocok?

Kalau sudah punya partner in crime, tak perlu bingung mengusir jenuh di kantor. Menonton video lucu lewat YouTube, buka-buka thread lucu di Kaskus, atau main tebak-tebakan pasti bikin waktu terasa berjalan cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar